Simple DIY Colors Charts for Toddler

Saya pernah membaca dan sangat percaya pengenalan warna pada anak sejak dini sangat baik untuk melatih dan mengoptimalkan matanya. Oleh karena itu, sejak anak masih bayi saya selalu menyebutkan nama setiap warna setiap kali kami melihat warna-warna di sekitar kami. Mungkin ini sebabnya dia menjadi sangat peka terhadap warna. Sebelum satu tahun dia sudah bisa membedakan warna dengan menunjuk warna yang saya sebutkan.

Belakangan dia mulai bertanya beberapa nama warna yang bagi kebanyakan orang Indonesia tidak ada namanya secara khusus. Untuk terus mengoptimalkan matanya, saya membuatkan permainan mencocokkan warna seperti di bawah ini. Namun kali ini saya buatkan gradasi warna yang sedang dia gemari; biru, toska, dan hijau.

Permainan ini selain untuk mengenalkan warna, membedakan nama-nama setiap warna, mengoptimalkan kepekaan matanya terhadap warna, juga melatih otot tangannya dengan membuka dan menjepit jepitan jemuran ketika mencocokkan warna.

 

Color-charts blog

 

Berikut chart warna sebelum saya potong dan tempel 🙂

colors-chart-fagan-03 colors-chart-fagan-02 colors-chart-fagan-01

About clefy

mom who loves to count stars, explore, discover, ride a bikes, jump, build a dream and imagination together with her kid, and fortunately surrounded by inspiring mommies. Instagram: @CLEFY_THEARTGANTA

Leave a comment