Sea and Sand Sensory Play

Halo, saya kembali mau berbagi aktivitas si bolang. Aktivitas yang menurut saya menarik kalau setiap ibu dan buah hatinya lakukan di rumah. Karena sederhana, mudah dibuat, penuh warna, dan pastinya seru!

Beberapa waktu lalu, saya dan si bolang melakukan scavenger hunt. Hasil dari scavenger hunt, kami mendapatkan biji dari pohon pinus dan kapuk. Tercetuslah ide untuk menciptakannya menjadi suatu kreasi. Di rumah, biji-biji tersebut, dikumpulkan dengan batang dan daun dari pohon cemara yang sudah kami punya sebelumnya. Plus, cangkang kerang yang saya dapat sehabis makan kerang di restoran seafood dan saya jadikan aktivitas mewarnai kerang dan membentuknya menjadi ikan dan kupu-kupu (yang akan direview di postingan berikutnya)

Semakin tajam ide, maka saya putuskan untuk membuat sensory play bertemakan laut dan pantai. Sebelumnya saya ajak si bolang untuk cat biji pinus lalu dijadikan landak dan burung dan kulit biji kapuk dicat untuk dijadikan perahu. Tidak lupa tambahan bendera nelayan dari kertas kokoru di atasnya.

Agar semakin hidup, saya juga warnai beras dengan warna biru laut untuk air lautnya. Dan biru muda untuk air di pinggir pantainya. Cat mainan yang kami pakai, berasal dari pewarna makanan (untuk beras) dan cat dari ELC, jadi aman. Kemudian ditambahkan batu-batu kecil, daun-daun kering, dan batang-batang pohon kering yang diambil oleh si bolang ketika bertualang di luar.

Setelah rampung, saya masukkan ke dalam sebuah kotak semua kreasi yang sudah dicat tadi. Tujuannya agar si bolang bisa leluasa memainkan setiap isi sesuai dengan imajinasinya. Dan Voila! Jadi lah sensory play bertema laut dan pantai.

Sea1

(Beginilah bentuk sensory play laut dan pantai. Saya juga tambahkan gambar-gambar dan tulisan untuk di cocokkan dengan isi di dalam sensory bin. Sedangkan tulisan di sebelahnya untuk melatih matanya mengenali huruf dan kalimat)

Sea3

Sekedar info, sensory play memang bagus sekali untuk melatih saraf halus anak, meningkatkan imajinasi anak dan melatihnya untuk bercerita. Karena biasanya saat memainkan sensory play, anak akan terus mengembangkan imajinasinya hingga menciptakan alur cerita sendiri. Seperti foto di bawah ini. Dia merubah semua komposisi di dalam sesory bin  dengan menambahkan beberapa miniatur mainan miliknya seperti pagar kayu yang dijadikan jembatan mobil, pohon-pohon, bahkan dia menaikkan ikan-ikan dari kerang ke atas perahu, lalu membuat ceritanya sendiri. Seru sekali melihat dan mendengarkan imajinasinya terus berkembang 🙂

Sea2

So, slamat mencoba!

 

Tulisan: Clefy featured Amaya

About clefy

mom who loves to count stars, explore, discover, ride a bikes, jump, build a dream and imagination together with her kid, and fortunately surrounded by inspiring mommies. Instagram: @CLEFY_THEARTGANTA

Leave a comment